Nokia Akan Mengurangi Tenaga Kerjanya

Raksasa telekomunikasi asal Finlandia, Nokia, baru-baru ini merilis laporan pendapatan kuartal ketiga, yang mengungkapkan bahwa angkanya telah anjlok tajam.

Untuk mengatasi masalah ini, perusahaan meluncurkan rencana pemotongan biaya secara luas yang akan mengakibatkan PHK besar-besaran, memangkas hingga 14.000 pekerjaan (yang berarti lebih dari 16% dari seluruh tenaga kerjanya).

Keuntungan Nokia Anjlok 69%

Mengomentari laporan pendapatan Q3 2023, Nokia mengatakan mereka harus bereaksi secepat mungkin dan mengurangi basis biayanya. Perusahaan percaya bahwa hal itu akan meningkatkan efisiensi operasi. Mereka juga menyalahkan “lingkungan pasar yang menantang” sebagai penyebab buruknya kinerja dan PHK baru.

Laporan penjualan bersih Q3 perusahaan menunjukkan penurunan 20% YoY, dengan total 4,98 miliar EUR. Sementara itu, laba anjlok 69% YoY selama periode ini, sehingga hanya menghasilkan 133 juta EUR.

Akibatnya, perusahaan kini menargetkan untuk menurunkan basis biaya bruto pada tahun 2023 sebesar antara 800 juta euro ($842,5 juta) dan 1,2 miliar euro ($1,26 miliar) pada akhir tahun 2026.

Hingga saat ini, perusahaan mempekerjakan total 86.000 pekerja. Namun, setelah perusahaan melakukan PHK, angka tersebut diperkirakan akan turun menjadi antara 77.000 dan 72.000 karyawan.

Meskipun terjadi PHK, Nokia mengklaim telah melakukan investasi besar untuk memperkuat kepemimpinan teknologinya, yang memberikan landasan bagi perusahaan untuk mengatasi kelemahan pasar.

Keadaan Pasar Memaksa Lebih Banyak PHK

Industri telekomunikasi berada dalam kondisi yang sangat buruk karena kinerja 5G terus buruk. Nokia hanyalah satu dari banyak perusahaan yang terpukul.

Laporan Nokia menunjukkan bahwa penurunan tersebut paling nyata terjadi di Amerika Utara, meskipun perusahaan tersebut mengalami penurunan kinerja secara global. Volume penjualannya di India dan pasar-pasar utama serupa digambarkan sebagai “dimoderasi”, sementara penerapan 5G “dinormalisasi.”

CEO perusahaan, Pekka Lundmark, menyatakan penurunan pendapatan jaringan seluler disebabkan oleh

Namun, meski merupakan perusahaan asing, Nokia bukanlah satu-satunya perusahaan telekomunikasi yang mengalami penurunan di Amerika. Operator besar seperti AT&T dan Verizon juga harus mengambil langkah-langkah pemotongan biaya setelah kesulitan di pasar saat ini.

5G masih belum menjadi hal yang diharapkan oleh banyak perusahaan telekomunikasi.

Apa Selanjutnya untuk Nokia?

Menurut laporan perusahaan, Nokia masih memperkirakan dapat mencapai penjualan bersih setahun penuh hingga 24,6 miliar EUR, perkiraan lama yang tampaknya akan dipertahankan oleh perusahaan. Lundmark juga berkomentar bahwa dia yakin dengan faktor fundamental yang mendorong bisnis ini.

Dia berkata,

Laporan Ericsson Menunjukkan Perjuangan Serupa

Ericsson merilis hasil Q3 Rabu ini, hanya sehari sebelum Nokia. Perusahaan asal Swedia ini juga mencatat penurunan pendapatan serupa dan juga menunjukkan masalah serupa di negara-negara Amerika Utara seperti yang dialami Nokia.

Lebih lanjut, CEO perusahaan, Borje Ekholm, menyatakan bahwa ketidakpastian sangat berdampak pada bisnis jaringan seluler perusahaan. Dia memperkirakan hal ini akan berlanjut hingga sisa tahun 2023 dan bahkan pada tahun 2024, sehingga menunjukkan keraguan mengenai pemulihan pasar peralatan telekomunikasi.

Seperti Nokia, Ericsson memperingatkan bahwa penjualan pada paruh kedua tahun 2023 kemungkinan akan jauh lebih rendah dari biasanya. Perusahaan juga menyebut lingkungan yang penuh tantangan dan ketidakpastian makroekonomi sebagai penyebab utama buruknya kinerja.