Cara Memulai Bisnis Layanan Drop dalam 5 Langkah Sederhana

Layanan drop telah muncul sebagai model bisnis yang populer di zaman modern karena pertumbuhan gig economy yang luar biasa. Daripada menjual layanan Anda sendiri, Anda dapat melakukan outsourcing pekerjaan kepada pekerja lepas berbakat. Strategi ini, mirip dengan dropshipping, membutuhkan lebih sedikit usaha dan jauh lebih terukur dibandingkan menyediakan layanan sendiri. Yang Anda butuhkan hanyalah keterampilan untuk memasarkan diri sendiri dan mengelola pekerja lepas.

Pakar kami di Business2Community telah membuat panduan mendalam untuk membantu Anda memulai layanan dropship hari ini. Mari selami.

Apa itu Layanan Drop?

Drop service adalah model bisnis di mana perusahaan menjual layanan kepada pelanggan dan melakukan outsourcing penyampaian layanan tersebut kepada pihak ketiga. Dengan kata lain, perusahaan menjual jasa dengan mereknya sendiri namun sebenarnya pengerjaannya dilakukan oleh agen, pekerja lepas, atau kontraktor. Dalam model ini, bisnis bertindak sebagai semacam perantara, yang menghubungkan pelanggan dengan penyedia layanan. Ini juga dikenal sebagai pelabelan putih atau arbitrase layanan.

Apa itu Layanan Drop

Bisnis layanan drop mendapatkan keuntungan dengan menambahkan markup pada layanan yang mereka jual. Misalnya, perusahaan jasa drop yang menawarkan layanan proofreading mungkin membebankan biaya kepada pelanggan sebesar $3000 untuk mengoreksi laporan dan membayar korektor lepas sebesar $1000 untuk menyelesaikan pekerjaannya. Dalam hal ini, keuntungan mereka adalah $2000.

Jika Anda dapat menemukan ceruk di mana pelanggan bersedia membayar lebih banyak untuk suatu layanan daripada yang dikenakan oleh pekerja lepas untuk memberikan layanan tersebut, Anda dapat memperoleh margin yang tinggi. Bisnis layanan drop juga cenderung sangat skalabel dan memiliki biaya awal dan overhead yang relatif rendah.

Tidak selalu jelas kapan sebuah perusahaan menggunakan model layanan drop. Pelanggan sering kali tidak memiliki keterlibatan dengan penyedia layanan pihak ketiga sehingga perusahaan dapat menyembunyikan outsourcing mereka dari pelanggan. Jika tidak, klien dapat berhubungan langsung dengan pihak ketiga. Orang lain mungkin memilih untuk menjadikan model bisnis sebagai bagian dari merek mereka.

Layanan Jatuhkan Vs. Pengiriman drop

Anda mungkin pernah mendengar model bisnis lain yang disebut dropshipping yang menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir. Baik dropshipping dan drop service memenuhi permintaan pelanggan menggunakan pihak ketiga tetapi dropshipping adalah tentang menjual produk fisik sementara drop service melibatkan penjualan layanan.

Dropshipping adalah metode pemenuhan e-commerce dimana produk dikirim langsung dari produsen atau pihak ketiga lainnya ke pelanggan. Bisnis dropship tidak pernah benar-benar menyentuh produk dan tidak perlu mengatur pengiriman, penyimpanan, atau pengemasan.

Layanan Jatuhkan Vs. Pengiriman drop

Seperti perusahaan layanan drop, fokus mereka adalah pada aspek penjualan, pemasaran, dan layanan pelanggan dalam bisnisnya. Kedua model tersebut menggunakan konsep arbitrase dan menghindari beberapa aspek padat modal dan tenaga kerja dalam menjalankan bisnis.

Bagaimana Memulai Bisnis Pelayanan Drop

Memulai bisnis jasa dropship relatif mudah, namun tetap disarankan untuk melakukan riset pasar secara menyeluruh dan mengembangkan strategi yang kuat sebelum memulai. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk membantu menyiapkan Anda menuju kesuksesan.

1. Pilih Niche Layanan Drop

Ada banyak layanan berbeda yang sesuai dengan model layanan drop. Jadi bagaimana Anda mengidentifikasi peluang yang baik? Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

Tuntutan

Salah satu cara untuk menilai permintaan suatu layanan adalah dengan melihat permintaan pencarian untuk kata kunci terkait. Anda dapat menggunakan Google Trends untuk melihat tren pencarian dari waktu ke waktu. Seperti yang Anda lihat dari gambar di bawah, penelusuran untuk ‘terjemahan video’ mengalami tren yang meningkat. Anda juga dapat menggunakan alat penelitian kata kunci untuk menilai volume pencarian atau memeriksa media sosial untuk melihat apakah niche Anda adalah topik yang populer di kalangan orang-orang di target pasar Anda.

Tuntutan

Margin harga

Layanan drop paling menguntungkan bila Anda dapat menambahkan markup tinggi ke layanan Anda. Anda dapat menggunakan platform seperti Upwork dan Fiverr untuk mendapatkan gambaran tentang berapa tarif yang akan dikenakan kepada pekerja lepas, lalu mencoba mendapatkan perkiraan harga untuk pekerjaan serupa dari agensi. Ini akan memberi Anda gambaran tentang potensi margin yang bisa Anda peroleh.

Pengalaman

Anda tidak memerlukan keahlian khusus untuk memulai bisnis layanan drop, tetapi semakin Anda memahami ceruk pasar tersebut, semakin baik Anda dapat memahami kebutuhan pelanggan dan menilai kualitas pekerjaan yang dihasilkan oleh penyedia layanan Anda. Jika Anda tidak menyukai layanan pelanggan atau manajemen sumber daya manusia, Anda mungkin ingin memilih ceruk pasar yang memerlukan lebih sedikit keterlibatan dengan pelanggan dan penyedia layanan.

Kompleksitas

Apakah layanan ini mudah ditentukan harganya atau memerlukan penetapan harga khusus yang rumit untuk setiap pelanggan? Apakah Anda perlu menghabiskan banyak waktu untuk menetapkan persyaratan pelanggan dan melakukan revisi? Seberapa sulitkah menemukan penyedia layanan yang terampil?

Gulir ke bawah hingga akhir artikel untuk melihat daftar beberapa ceruk paling populer untuk layanan drop jika Anda masih tidak yakin mana yang harus diikuti.

2. Melakukan Riset Pesaing

Riset pesaing adalah tentang mengidentifikasi dan menganalisis pesaing utama Anda dan menggunakan informasi tersebut untuk memposisikan bisnis Anda di pasar. Mulailah dengan mencari layanan Anda secara online. Buatlah daftar perusahaan yang menduduki peringkat teratas hasil pencarian. Periksa situs web mereka, saluran media sosial, dan ulasan apa pun yang tersedia. Anda bahkan mungkin harus membayar untuk menggunakan layanan mereka guna mendapatkan pengalaman pelanggan seutuhnya. Perhatikan faktor-faktor ini.

  • Layanan: Layanan apa yang mereka tawarkan?
  • Harga: Bagaimana harga layanan mereka?
  • Audiens: Menurut Anda siapa yang mereka targetkan?
  • Ulasan: Apa yang disukai dan tidak disukai pelanggan tentang layanan mereka?
  • Perjalanan Pelanggan: Apa elemen situs web mereka yang paling berguna dan persuasif? Bagaimana proses permintaan penawaran atau pemesanan?
  • Promosi: Saluran pemasaran apa yang mereka gunakan dan saluran mana yang paling banyak berinteraksi?

Setelah Anda menganalisis semua pesaing utama Anda, tanyakan pada diri Anda apakah ada kesenjangan dalam penawaran mereka yang dapat Anda isi atau kelemahan yang dapat Anda perbaiki. Ingatlah untuk meneliti pesaing sekunder juga.

Misalnya, jika Anda menawarkan layanan pembuatan situs web, pesaing utama Anda adalah agen pembuat situs web, tetapi Anda juga akan bersaing secara tidak langsung dengan alat pembuat web seperti Wix. Hal ini dapat memengaruhi cara Anda memposisikan produk Anda.

Lihatlah contoh bagus Asana tentang kerangka analisis pesaing untuk perusahaan SEO:

Melakukan Riset Pesaing

3. Membangun Yayasan Penyedia Layanan

Platform freelancer seperti UpWork dan Fiverr adalah sumber yang bagus ketika Anda mencari penyedia layanan. Anda dapat dengan mudah membandingkan pekerja lepas dan meninjau penawaran produk dan harga mereka – seperti yang dapat Anda lihat dari daftar desainer logo ini. Anda juga dapat melihat ulasan mereka. Ini memberi Anda indikasi profesionalisme dan kualitas pekerjaan mereka.Cara lain untuk menghubungi penyedia layanan adalah dengan menggunakan strategi pemasaran seperti SEO, iklan berbayar, papan pekerjaan, dan media sosial untuk mengiklankan fakta bahwa Anda sedang mencari keterampilan tertentu. Reedsy, misalnya, mencantumkan peran sebagai penulis lepas untuk orang lain di LinkedIn.

Membangun Yayasan Penyedia Layanan

Setelah Anda mengidentifikasi beberapa kandidat, saring mereka dengan mengatur wawancara atau menyiapkan tugas ujian. Pertimbangkan pengalaman mereka, keterampilan teknis dan komunikasi, serta fleksibilitas dan ketersediaan mereka. Jika Anda bukan ahli di bidang Anda, mungkin tanyakan kepada seseorang yang lebih berpengalaman tentang apa yang harus Anda cari.

Membangun Yayasan

Ini juga merupakan ide bagus untuk menyiapkan templat kontrak sehingga Anda dapat menetapkan ekspektasi yang jelas untuk setiap proyek, terutama jika penyedia Anda akan menciptakan kekayaan intelektual.

4. Mengembangkan Strategi Penjualan dan Pemasaran

Penjualan dan pemasaran bekerja sama untuk mendatangkan prospek baru, mengubahnya menjadi pelanggan, dan membujuk pelanggan tersebut untuk membelanjakan uang sebanyak mungkin untuk bisnis Anda. Anda dapat memikirkan hal ini dengan menelusuri perjalanan pelanggan Anda dari awal hingga akhir.

Identifikasi pelanggan Anda

Bangun profil pelanggan target Anda. Anda dapat menggunakan segmentasi pelanggan untuk mengelompokkan berbagai kategori pelanggan berdasarkan kriteria seperti industri, peran pekerjaan, usia, lokasi, atau anggaran. Mulailah mencoba mencari tahu apa yang mereka pedulikan, saluran mana yang mereka gunakan untuk menemukan penyedia layanan, dan berapa yang bersedia mereka belanjakan.

Identifikasi pelanggan Anda

Bangun merek Anda

Sebuah merek bukan hanya sekedar nama, logo, slogan, dan skema warna – meskipun bisnis Anda membutuhkan semua itu. Ini tentang mengomunikasikan apa yang Anda lakukan dan siapa Anda sebagai sebuah bisnis. Pikirkan tentang nilai jual unik Anda (USP) atau apa yang membuat Anda menonjol dari pesaing Anda.

Hasilkan prospek

Gunakan profil pelanggan Anda dan apa yang Anda pelajari dari riset pesaing Anda untuk memutuskan cara terbaik menargetkan pelanggan potensial. Apakah Anda akan fokus menghasilkan:

a) prospek masuk (artinya orang menemukan produk Anda melalui saluran seperti penelusuran web, rujukan, pemberi pengaruh, iklan, atau media sosial)

b) prospek keluar (artinya Anda menjangkau calon pelanggan melalui strategi seperti panggilan dingin)

c) prospek masuk dan keluar

Dari sana, persempit strategi pemasaran Anda. Misalnya, jika ada volume pencarian yang tinggi untuk layanan Anda dan pesaing Anda menggunakan SEO untuk menarik prospek, Anda mungkin memutuskan untuk fokus pada SEO. Anda dapat menetapkan rencana langkah demi langkah untuk mengoptimalkan situs web Anda dan mengembangkan konten blog bersama dengan tenggat waktu dan anggaran yang jelas.

Strategi pemasaran populer lainnya untuk bisnis jasa termasuk program rujukan, pemasaran influencer, dan beriklan di podcast, Facebook, atau Google.
Konversikan prospek Anda

Setelah Anda memutuskan bagaimana Anda akan menarik prospek, pikirkan tentang bagaimana Anda akan mengubah prospek menjadi pelanggan. Situs web yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan tingkat konversi Anda. Faktor-faktor yang dapat meningkatkan kinerja situs web Anda meliputi:

  • Beranda yang menarik
  • Navigasi intuitif
  • Hapus harga dan deskripsi layanan
  • Testimonial atau ulasan
  • Proses pembayaran yang mudah

Bergantung pada layanan dan pelanggan Anda, Anda mungkin juga memilih agar pelanggan terlibat langsung dengan Anda atau staf penjualan. Prinsip umum yang sama berlaku pada panggilan penjualan seperti yang mereka lakukan di situs web: berikan kesan yang baik, komunikasikan USP Anda, atasi segala keberatan, dan berikan informasi yang dibutuhkan pelanggan untuk mengambil keputusan.
Ukur hasil Anda

Untuk menilai cara kerja strategi pemasaran dan penjualan Anda dan melakukan perbaikan, Anda perlu mengumpulkan data. Metrik yang perlu dipertimbangkan meliputi:

  • peringkat Google
  • Tampilan halaman
  • Total pendapatan
  • Tingkat konversi
  • Nilai pesanan rata-rata (AOV)
  • Biaya per prospek (CPL)
  • Biaya per akuisisi (BPA)

5. Skala

Setelah Anda menghasilkan pendapatan, Anda mungkin memutuskan untuk menjalankan lebih banyak bisnis. Ini hanya mungkin jika:

a) Ada cukup permintaan untuk layanan tersebut.

b) Terdapat cukup banyak penyedia layanan yang dapat memberikan layanan.

c) Bisnis Anda memiliki kapasitas untuk memproses lebih banyak pesanan.

Jika Anda telah melakukan riset dan tampaknya hal tersebut layak dilakukan, Anda harus memperbarui strategi pemasaran Anda untuk mendatangkan lebih banyak prospek, mengembangkan jaringan penyedia Anda, dan, berpotensi, berinvestasi pada staf penjualan dan layanan pelanggan. Anda mungkin juga ingin meningkatkan beberapa alat dan perangkat lunak atau mengotomatiskan beberapa proses untuk mengatasi volume yang lebih tinggi. Jika Anda melakukan penskalaan secara efisien, Anda mungkin dapat memperoleh lebih banyak keuntungan tanpa meningkatkan biaya secara signifikan.

Manfaat Layanan Drop

Ada beberapa hal yang membuat model bisnis drop service lebih disukai dibandingkan model bisnis jasa yang lebih tradisional.

1. Margin tinggi. Jika Anda dapat menemukan ceruk di mana pelanggan bersedia membayar lebih untuk suatu layanan daripada yang dikenakan oleh pekerja lepas, Anda dapat mengantongi selisihnya. Layanan digital memungkinkan Anda menggunakan talenta dari mana saja di dunia dan melayani pelanggan dari mana saja di dunia, artinya ada banyak contoh di mana Anda dapat menambahkan markup yang cukup besar.

2. Biaya awal yang rendah. Satu-satunya sumber daya yang penting untuk memulai bisnis layanan drop adalah koneksi internet dan situs web. Anda dapat menyiapkan secara online dengan pembuat situs web seperti Wix hanya dengan $16 per bulan atau platform e-niaga seperti Shopify, yang menawarkan uji coba gratis dan kemudian mulai dari $29 per bulan (bila ditagih setiap tahun).

Pengeluaran potensial lainnya yang perlu dipertimbangkan termasuk branding, pemasaran, perangkat lunak, dan biaya yang diperlukan untuk mendaftarkan bisnis secara formal. Anda bahkan dapat memilih untuk menerima pembayaran dari pelanggan di muka yang berarti Anda tidak memerlukan modal apa pun untuk membayar pekerja lepas Anda.

3. Biaya operasional yang rendah. Bisnis layanan drop memang memerlukan staf, peralatan, atau perangkat lunak yang digunakan untuk benar-benar memberikan layanan yang mereka jual. Akibatnya, satu-satunya biaya berkelanjutan adalah peralatan dan staf yang diperlukan untuk pemasaran, penjualan, dan layanan pelanggan.

4. Fleksibel. Agensi sering kali menghadapi masalah karena terlalu banyak pekerjaan dan tidak cukup staf untuk bekerja. Sebulan kemudian, mereka mungkin memiliki terlalu sedikit pekerjaan dan membayar karyawan untuk tidak melakukan apa pun. Layanan drop membuatnya lebih fleksibel ketika permintaan berubah karena Anda cukup mempekerjakan sejumlah pekerja yang Anda perlukan. Tentu saja, hal ini hanya mungkin terjadi jika Anda dapat menemukan penyedia layanan yang bersedia memberikan pekerjaan tersebut.

5. Dapat diskalakan. Tidak ada batasan geografis pada layanan digital yang berarti Anda memiliki akses ke talenta dan pelanggan di seluruh dunia. Hal ini memudahkan Anda meningkatkan jumlah bisnis yang Anda lakukan. Penskalaan dapat dilakukan terutama jika bisnis Anda diatur sehingga pelanggan dapat melakukan pemesanan secara online tanpa harus berbicara dengan staf penjualan

6. Diperlukan pengalaman terbatas. Pengalihdayaan berarti Anda dapat mengirimkan produk ke pelanggan Anda tanpa harus memiliki keahlian yang Anda jual. Namun, Anda mungkin menemukan bahwa memilih ceruk yang Anda kenal akan memungkinkan Anda menilai kualitas keluaran Anda dengan lebih baik. Ini juga akan bermanfaat jika Anda memiliki setidaknya pengetahuan dasar tentang pemasaran digital.

Kerugian dari Layanan Drop

Ada banyak artikel dan video online yang mengatakan Anda bisa kaya dengan cepat dengan bisnis layanan drop, tetapi semua bisnis melibatkan risiko. Berikut adalah beberapa potensi kelemahan model bisnis.

1. Kontrol kualitas terbatas. Ketika Anda bekerja dengan pihak ketiga, Anda memiliki lebih sedikit kendali atas output mereka dibandingkan jika mereka adalah karyawan internal. Saat Anda menskalakan dan menggunakan lebih banyak penyedia, mungkin sulit untuk menjaga kualitas keluaran Anda. Ketelitian dalam memilih dan memantau penyedia layanan akan membantu mengelola risiko ini.

2. Penyedia yang tidak dapat diandalkan. Jika penyedia layanan mengingkari kontrak, Anda mungkin tidak dapat mengirimkan barang ke pelanggan Anda. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan merek. Mengembangkan hubungan dengan jaringan pekerja lepas yang andal yang dapat turun tangan kapan saja adalah polis asuransi yang bijaksana.

3. Masalah perpajakan dan hukum. Persyaratan peraturan di wilayah hukum Anda mungkin berbeda untuk bisnis jasa drop service dibandingkan dengan bisnis jasa tradisional. Sebaiknya periksa kembali hal-hal seperti persyaratan PPN dan apa yang harus disertakan dalam syarat dan ketentuan Anda, terutama jika Anda tidak mengungkapkan model outsourcing Anda kepada pelanggan.

Jika bisnis Anda melibatkan kekayaan intelektual (IP), seperti logo, jingle, atau postingan blog, ada baiknya Anda mencari tahu siapa yang akan memiliki IP tersebut dan memasukkannya ke dalam kontrak Anda. Berdasarkan undang-undang hak cipta AS, jika seorang pekerja lepas mendesain logo, hak cipta tidak secara otomatis berpindah ke pelanggan. Namun, pada platform pekerja lepas Fiverr, “klien diberikan semua hak atas pekerjaan yang dikirimkan, kecuali ditentukan lain oleh pekerja lepas”.

Contoh Bisnis Drop Service yang Sukses

Tidak mudah untuk menemukan contoh bisnis layanan drop yang sebenarnya karena sering kali terlihat sama dengan bisnis yang melakukan pekerjaannya sendiri, namun berikut adalah dua contoh yang bagus.

1. Wooshi

Wooshi

Wooshi menggambarkan dirinya sebagai ‘studio video terhebat di dunia di ujung jari Anda’. Mereka membanggakan banyak penghargaan dan klien terkenal seperti Amazon, Microsoft, dan Twitch. Perusahaan melakukan outsourcing ke jaringan 16.000 pembuat konten di seluruh dunia. Tim produksi video dan spesialis individu, seperti sinematografer, dapat mendaftar dengan berbagi keahlian dan pengalaman mereka dan Wooshi akan menghubungi Anda jika mereka memiliki arahan yang sesuai.

Sistem pendaftaran ini cerdas karena ini berarti Wooshi telah memeriksa bakat-bakat yang siap dan menunggu di berbagai lokasi syuting kapan pun diperlukan. Faktor kesuksesan mereka lainnya adalah mereka memiliki masukan kreatif pada setiap proyek untuk menjaga konsistensi dan mengontrol kualitas. Mereka juga melengkapi layanan outsourcing mereka dengan layanan internal seperti pengeditan dan analisis video untuk memastikan pelanggan mendapatkan hasil maksimal dari video mereka.

Dari sudut pandang permintaan, layanan ini adalah pilihan yang bagus. Video adalah tren yang sedang berkembang seiring dengan semakin banyaknya bisnis yang menggunakan video sebagai elemen inti dari perangkat pemasaran mereka. Laporan Pemasaran Video Wyzowl tahun 2023 menemukan bahwa lebih dari 91% perusahaan menggunakan pemasaran video.

Contoh Bisnis Drop Service yang Sukses

2. Cerdas

Smartling menawarkan layanan terjemahan B2B untuk apa pun mulai dari postingan media sosial dan salinan web hingga dokumen hukum dan skrip VR. Seperti Wooshi, mereka adalah pemenang penghargaan dan memiliki klien ternama seperti Peloton, Pinterest, dan Volkswagen. Smartling telah beralih ke alat terjemahan AI tetapi mereka sebelumnya mengoperasikan model layanan drop dan semua penerjemahnya adalah pekerja lepas.

Permintaan di ceruk ini sangat kuat. Biro Tenaga Kerja AS memperkirakan peningkatan permintaan layanan penerjemahan sebesar 20% antara tahun 2021 dan 2031. Layanan penerjemahan juga mudah dari sudut pandang operasional karena Anda dapat menagih tugas-tugas terpisah dan pelanggan dapat mengirimkan dokumen melalui situs web tanpa perlu melakukan apa pun. interaksi Manusia.

Relung Layanan Drop Terbaik

Secara teori, hampir semua bisnis jasa dapat menggunakan layanan drop. Namun, beberapa ceruk menawarkan margin lebih tinggi dan memanfaatkan lebih banyak manfaat model. Berikut beberapa idenya.

Layanan Penulisan dan Pengeditan

  • penulisan salinan
  • Mengoreksi
  • Penulisan naskah
  • Penulisan konten
  • Lanjutkan menulis

Jasa Desain Grafis

  • Desain situs web
  • Desain infografis
  • Desain kertas putih

Layanan Pemasaran

  • seo
  • Generasi pemimpin
  • Iklan PPC
  • Manajemen media sosial

Layanan Video dan Audio

  • Animasi
  • Sulih suara
  • Produksi video
  • Produksi podcast

Apakah Layanan Drop Tepat Untuk Saya?

Layanan drop adalah pilihan bagus bagi wirausahawan yang lebih menyukai pemasaran digital dan strategi bisnis daripada sekadar mengotori tangan dan menciptakan hasil. Anda juga harus memiliki bakat dalam mencari dan bekerja sama dengan penyedia untuk mendapatkan kualitas terbaik dengan harga serendah mungkin.

Jika Anda suka bekerja sebagai bagian dari tim dan membangun budaya perusahaan, mungkin layanan drop service bukan untuk Anda. Pengusaha yang ingin menjaga kontrol ketat terhadap output mereka mungkin kesulitan untuk mempercayai pekerja lepas atau agensi untuk memenuhi standar mereka.

Namun, tidak semua bisnis layanan drop itu sama. Anda mungkin dapat memilih ceruk pasar yang sesuai dengan kepribadian dan selera risiko Anda sambil tetap menghasilkan keuntungan yang sehat.