3 Alasan Cryptocurrency Perlu Diatur

Seiring berjalannya waktu, sistem moneter Indonesia, dan juga dunia pada umumnya, telah berkembang. Apa yang mungkin dimulai ribuan tahun yang lalu sebagai sistem barter berubah menjadi sistem yang kita gunakan saat ini.

Antara dulu dan sekarang, koin dan uang kertas menjadi bentuk pembayaran yang diterima. Tentu saja bentuk uang tersebut masih digunakan hingga saat ini. Selain itu, kita telah melihat peningkatan kartu kredit, kartu chip, dan pembayaran elektronik termasuk mata uang kripto.

Namun seiring dengan meningkatnya penggunaan dan popularitas mata uang kripto, hal ini menimbulkan beberapa tantangan. Cryptocurrency perlu diatur karena tantangan ini.

1. Menstabilkan Nilai

Untuk membantu menstabilkan nilainya, mata uang kripto perlu diatur. Sejauh ini nilainya telah mengalami perubahan besar, terutama dalam beberapa bulan terakhir.

Peningkatan nilai yang gila-gilaan tersebut, yang diikuti dengan penurunan tiba-tiba, terjadi ketika nilai emas tetap stabil. Tentu saja keuntungan besar tersebut membuat investor senang namun pada saat yang sama beberapa investor mungkin merasa gugup.

Membeli atau memperdagangkan mata uang kripto ketika nilainya naik dapat menyebabkan kerugian besar ketika nilainya kemudian turun. Mengatur mata uang kripto dapat menstabilkan nilai dan mengakhiri perubahan ekstrem tersebut.

2. Hilangkan Ketakutan

Alasan tambahan mengapa cryptocurrency perlu diatur adalah untuk menghilangkan atau setidaknya mengurangi ketakutan terhadapnya.

Karena penggunaan teknologi enkripsi blockchain dalam transaksi mata uang kripto, sejumlah peraturan mandiri telah diterapkan. Karena bank tidak diwajibkan untuk bertransaksi dan pencurian merupakan hal yang sulit dilakukan, peraturan di beberapa bidang ini menjadi kurang diperlukan.

Meski demikian, pencurian uang digital masih terjadi dan masih terdapat ketakutan terhadap penggunaan mata uang kripto. Oleh karena itu, peraturan lebih lanjut dapat meredakan ketakutan tersebut dengan menstabilkan nilai-nilai, seperti yang disebutkan sebelumnya.

Namun mungkin sebagian dari ketakutan tersebut berasal dari kurangnya pemahaman tentang cryptocurrency secara umum. Mengaturnya juga dapat membantu dalam hal ini.

Dengan adanya regulasi, penggunaan dan penerimaan akan lebih luas. Pada gilirannya, penerimaan yang lebih besar mengurangi ketakutan dan meningkatkan pemahaman.

3. Meringankan Masalah Pajak

Saat ini, IRS tidak memperlakukan cryptocurrency seolah-olah itu adalah uang. Sebaliknya klasifikasi saat ini adalah klasifikasi aset. Jika Anda menjadikan cryptocurrency sebagai investasi, keuntungan dan kerugian modal harus dilaporkan.

Namun ada permasalahan lain yang juga berkaitan dengan pajak. Itulah salah satu alasan mengapa cryptocurrency perlu diatur.

Salah satu contohnya adalah perusahaan menggunakan mata uang kripto sebagai alat untuk menghindari pajak karena mata uang ini tidak diklasifikasikan sebagai uang. Tentu saja IRS sedang mencoba untuk menindak penyalahgunaan pajak jenis ini. Namun menangkap semua aktivitas kriminal adalah tugas yang sulit.

Contoh lain dari masalah perpajakan adalah individu yang ingin menggunakan mata uang kripto seperti uang tunai dan bukan sebagai investasi. Dalam kasus penggunaannya sebagai pengganti uang tunai biasa, hal ini menjadi sulit untuk dilacak.

Meski begitu, transaksi sekecil apa pun tetap dianggap sebagai keuntungan atau kerugian pajak dan harus dilaporkan. Akibatnya, jika Anda memiliki transaksi-transaksi ini dalam jumlah besar, masing-masing transaksi harus dilaporkan.

Seperti yang Anda lihat, masih ada masalah dengan cryptocurrency yang perlu diselesaikan. Meskipun sudah semakin banyak digunakan, ada beberapa alasan mengapa cryptocurrency perlu diatur.